728x90 AdSpace

  • Latest News

    Agar Kondisi Mesin Anda Selalu Prima

    Sungai Panas, MBC News. Hendra, pemuda berusia 31 tahun ini selalu melontarkan senyum kepada setiap konsumen yang ingin melakukan servis di bengkelnya. Ia memiliki kelebihan dan keterampilan mengenai bengkel permesinan sejak usia belasan tahun. Bahkan semenjak di bangku sekolah beberapa sertifikat pelatihan perbaikan motor sudah diraihnya.

    Pria kelahiran Bekasi 22 November 1977 menekuni bidang teknik mesin dan perbengkelan sejak di Bekasi. Ia terbiasa dengan menservis mesin kendaraan bermotor dengan cara yang praktis, cepat dan efisien. Anak ketiga dari lima bersaudara ini sejak kecil sudah terbiasa hidup mandiri. Ayahnya dan ibunya selalu mendidik agar setiap anak-anaknya memiliki keahlian dan keterampilan. Semua sudara-saudara Ajun berkecimpung di bidang usaha wiraswasta yang mandiri.

    Ya saya memang sejak kecil senang dan suka dengan mesin, mesin itu unik dan memiliki keharmonisan dalam sistemnya", demikian tutur Ajun kepada Tim MBC News saat ditemui di tempat prakteknya di Sei Panas Kota Batam. Ia menjelaskan satu persatu mekanisme dan urutan cara mesin bekerja. Mulai dari kunci motor dinyalakan, ledakan bahan bakar di atas piston dan kepulan asap yang keluar dari knalpot. Ketika mesin tidak lagi nyaring, ada beberapa halyang bisa diprediksi. Misalnya ring piston yang melemah, busi yang sudah kotor, katup-katup yang kendor, karburator yang tersumbat kotoran atau bahkan oli yang sudah lama tidak di ganti. Semuanya harus dicek satu persatu, tutur Ajun sapaan akrabnya sambil dia melemparkan senyum.

    Tentang pergantian onderdil atau suku cadang tidak selalu dilakukan, semua disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang ada. Seandainya bisa 'diakalin' maka tidak perlu diganti. Tetapi seandainya sudah rusak parah baru dilakukan bongkar mesin secara total. Kita tahu bahwa dalam teknik bongkar mesin ada beberapa jenis: bongkar mesin samping kanan, bongkar mesin samping kiri dan bongkar mesin semuanya (overhole). Sedangkan untuk tune up (perawatan berkala) yang harus dilakukan adalah pengecekan oli, karburator, saringan udara, saringan oli, kampas rem, tekanan angin, system kelistrikan, pengecekan air aki, busi, kabel gas, kabel speedometer dan spare part lain yang sifatnya ringan. Sementara untuk penggantian spare part akan dilakukan sesuai dengan jenis kerusakannya, misalnya penggantian kampas rem, bolam lampu, oli, busi, ban luar dan ban dalam, piston, ring piston, koil pengapian (ignition coil), stang piston, bantalan stang piston, pompa oli, reparkit karburator, sakelar dan berbagai jenis komponen-komponen mesin lainnya. Jika motor jenis dua tak, maka oli samping harus dimanjakan, artinya oli tidak boleh telat saat proses mesin menyala.

    Oli mesin yang berada di bak oli (karter) bisa lebih awet dan bisa bertahan sampai dua bulan, ini dikarenakan oli samping sudah melumasi gerak kerja piston, ring dan komponen yang menyertainya saat terjadi pembakaran di ruang bakar, sementara oli mesin bekerja sebagai pelumas di bagian dalam mesin. Sehingga panas akibat pembakaran itu sudah direduksi oleh oli samping.

    Lain halnya dengan mesin empat tak, jika dalam seribu lima ratus meter tidak diganti maka oli sudah mulai jelek kerapatannya sehingga tidak mampu mereduksi panas akibat pembakaran, sehingga ketahanannya mulai melemah, kekentalannya mulai berkurang dan ketahanan mesin mulai berkurang karena komponen mesin seperti piston, ring piston, katup dan lain-lainnya memuai.

    Seyogyanya untuk mesin empat tak pergantian oli minimal dilakukan minimal sebulan sekali (1500 km). Jika motor Anda ingin awet, tidak sering ngadat dan pagi-pagi tidak susah menyalakannya maka sebulan mungkin harus diadakan pengecekan ulang (tune up) agar kemampuan, ketahanan dan kondisi mesin bisa selalu prima. Apabila Anda ingin berkonsultasi tentang masalah servis dan perbaikan silakan mendatangi ke Ajun's Motor Service and Modifications Komplek Rejeki Mas No. 01 Sei Panas Batam Kepulauan Riau HP 08127703971. (Jubron Fahirro)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Agar Kondisi Mesin Anda Selalu Prima Rating: 5 Reviewed By: Unknown
    Scroll to Top